Minggu, 17 April 2016

SOAL DAN JAWABAN

SOAL…..!!!!!!!!
1.    “Pemasaran Global harus mempunyai kemampuan untuk berfikir secara global dan bertindak secara lokal”. Apakah maksud dari pernyataan tersebut?
2.    Mengapa Manajemen Pemasaran Global itu penting? Sebutkan dan jelaskan apa saja Orientasi MPG?
3.    Jelaskan Budaya organisasi yang menjadi salah satu faktor penghambat pemasaran global?
4.    Jelaskan Prinsip Persaingan yang ada dalam prinsip-prinsip pemasaran?
5.    Salah satu hal yang dapat meninjau Ekonomi Dunia adalah “Realitas perubahan ekonomi dunia” jelaskan!


JAWABAN 
1.    Pemasaran Global harus mempunyai kemampuan untuk berfikir secara global dan betindak secara lokal. Maksudnya adalah kita harus memasarkan produk kita ke banyak Negara, dan masing-masing Negara pasti mempunyai keunikan-keunikan tersendiri yang harus kita terapkan ke Negara masing-masing sesuai pasar di Negara tertentu.
2.    - Manajemen Pemasaran itu penting karena dengan kita masuk ke pemasaran global, perusahaan kita akan mendapatkan keuntungan atau profit oriented. Dengan kita masuk ke pemasaran global, perusahaan kita juga akan Go Public, Eksistensi/keberadaannya bisa dikenal oleh Dunia.
-    Orientasi Manajemen di dalam Pemasaran Global ada 3, yaitu :
a.    Etnosentris, berasumsi bahwa Negara asal lebih baik dibanding Negara lain di dunia. Asumsi tersebut berakibat bahwa konsep-konsep yang diterapkan di Negara kita dapat diterapkan diseluruh Negara-negara lain.
b.    Polisentris, berasumsi bahwa masing-masing Negara adalah unik, sehingga dapat mengembangkan strategi yang berbeda-beda.
c.    Regiosentris dan Geosentris, untuk yang ini memiliki perpaduan antara Etnosentris dan Polisentris.
3.    Budaya Organisasi
-    Anak Perusahaan yang “mengetahui semuanya” tidak ada lagi ruang untuk visi dari puncak (Induk Perusahaan)
-    Sebaliknya juga, perusahaan dengan manajemen kantor pusat yang “mengetahui semuanya” tidak ada lagi inisiatif lokal dan pengetahuan mendalam dari kebutuhan dan kondisi lokal.
-    Manajemen yang sukses di perusahaan global adalah yang telah belajar cara memadukan visi dan misi perspektif global dengan inisiatif dan masukan pasar lokal.
4.    Prinsip Persaingan
“Perang pemasaran merupakan perang nilai”. Nilai itu perbandingan antara menfaat dan pengeluaran. Perusahaan tidak sekedar mengajar keuntungan jangka pendek tapi menciptakan nilai pelanggan (menjalin hubungan dengan pelanggan) untuk jangka panjang. Ada 5 alternatif rumus menciptakan nilai :
-    Meningkatkan manfaat, menurunkan biaya
-    Meningkatkan manfaat, menjaga biaya tetap konstan
-    Manfaat konstan, biaya turun
-    Secara signifikan meningkatkan manfaat, meningkatkan biaya
-    Menurunkan manfaat, secara signifikan menurunkan biaya
Jadi, memperbaiki nilai bagi pelanggan adalah kunci menangkan persaingan dan menjaga konsumen.
5.    Realitas perubahan ekonomi dunia yaitu :
-    Penggerak ekonomi dunia adalah perpindahan modal bukan lagi perdagangan. Maksudnya adalah sekarang bukan lagi zamannya perdagangan barang dan jasa, melainkan perdagangan pasar uang.
-    Produktivitas telah terlepas hubungannya dengan tingkat pekerja
-    Ekonomi dunia mendominasi keadaan. Bisnis sukses jika pimpinan bisnis dan pembuat kebijakan fokus pada ekonomi dan pasar dunia. Maksudnya, bisnis ekonomi suatu Negara akan sukses berkembang dan maju, jika antara bisnis owner (pelaku bisnis) dengan pembuat kebijakan (pemerintah) harus fokus kepada ekonomi dan pasar global.
-    Berakhirnya perang dingin kapasitas dan sosialisme. Komunisme sebagai sistem ekonomi telah terguling oleh kapitalisme.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar