Selasa, 14 Juni 2016

SISTEM INFORMASI DAN RISET PEMASARAN GLOBALTujuan dari system informasi manajemen (SIM) adalah memberi para manajer dan pengambilan keputusan lainnya arus informasi yang berkelanjutan mengenai pasar, pelanggan, pesaing, dan operasi perusahaan. SIM seharusnya berarti pengumpulan analisis, klasifikasi, menyimpan (storing), mendapatkan kembali (retrieving), dan melaporkan data-data yang relevan menganai pelanggan, pasar, saluran (channel), penjulan, dan pesaing. SIM suatu perusahaan seharusnya juga mencakup aspek-aspek penting lingkungan eksternal perusahaan. Hasil operasi yang buruk sering ditemukan untuk data dan informasi yang tidak cukup mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di dalam dan di luar perusahaan.

Tugas mengorganisasi, mengimplementasikan, dan memonitor informasi pemasaran global dan strategi serta program riset itu tidaklah mudah. Terlebih lagi, ini bukanlah isu pemasaran yang sederhana. Mereka merupakan perintah organisasional tugas ini harus dikoordinasikan secara koheren sehingga berkontribusi terhadap seluruh arah strategis organisasi. Fungsi SIM dan riset harus menyediakan informasi yang relevan dalan hal waktu, efisiensi biaya, dan cara bertindak.
Dalam beberapa tahun terakhir terlihat perubahan yang dramatis di dunia politik dan kejadian-kejadian ekonomi. Meningkatnya integrasi ekonomi global antar negara, matinya komunisme, perubahan tingkat pertukaran mata uang, dan faktor-faktor lainnya yang mendorong permintaan terhadap akses informasi bisnis dan politik menuntut informasi berita dunia berdasarkan harian. Umunya perusahaan geosentris dan global mempunyai sistem intelijen yang memenuhi tantangan-tantangan ini. Secara khusus, departemen perencanaan strategis atau riset pasar membawahi informasi dari sistem informasi global yang berorientasi pada lingkungan eksternal. Dibawah ini akan dibahas secara lebih rinci mengenai agenda subjek, modus scanning, dan karakteristik sumber-sumeber informasi dari sistem informasi global yang berorientasi pada lingkungan eksternal, sebagai berikut :
Agenda Subjek Informasi
Sebuah daftar subjek yang informasinya diperlukan, merupakan elemen dasar dari sistem informasi global. Akibatnya “agenda subjek” harus disesuaikan dengan kebutuhan dan sasaran spesifik perusahaan. Kerangka kerja seperti yang diusulkan terdiri dari enam bidang informasi yang luas, seperti yang terlihat tabel dibawah ini :
Kategori Agenda Subjek untuk Sistem Inteligen Bisnis Global
No    Kategori    Cakupan
1    Pasar    Pekiraaan permintaan, perilaku konsumen, produk, saluran, ketersediaan media komunikasi dan biaya, tanggapan pasar.
2    Persaingan    Korporasi, bisnis dan fungsional strategi serta perencanaan
3    Mata Uang Asing    Neraca pembayaran, tingkat suku bunga, daya tarik mata uang negara, harapan para analis
4    Informasi yang memberi Petunjuk    Hukum, regulasi, peraturan yang menyangkut pajak pendapatan, deviden di Negara tuan rumah dan Negara asal
5    Informasi sumber daya    Ketersediaan manusia, keuangan, informasi dan sumber-sumber fisik
6    Kondisi umum    Keseluruhan tinjauan terhadap lingkungan sosiobudaya, politik, teknologi.
Kerangka kerja diatas memuaskan dua kriteria pokok, yaitu :
•    Pertama, Kerangka kerja ini menampung semua bidang informasi yang relevan dengan operasi global perusahaan.
•    Kedua, kategori dalam kerangka kerja itu tidak tumpang tindih. Informasi apapun yang diliput oleh kerangka kerja ini dapat ditempatkan secara tepat dalam satu dan hanya satu kategori.

Sumber :
http://belajartanpabuku.blogspot.co.id/2013/03/sistem-informasi-global-dan-riset.html?m=1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar